Cara Menurunkan Kolesterol dengan Efektif dan Alami

Cara menurunkan kolesterol – Kolesterol yang ada dalam tubuh apabila melampaui kapasitas yang seharusnya akan memeberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. kolesterol dalam tubuh merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh seperti yang diproduksi organ hati. Hampir 80% kolesterol dihasilkan oleh tubuh. pada dasarnya kolesterol dalam tubuh memiliki fungsi khusus seperti membentuk dinding sel.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Efektif dan Alami

Ketika mendengar kata kolesterol, kita pasti memikirkan hal yang negatif karena tidak bisa dipungkiri bahwa kelebihan kolesterol dalam darah akan memicu terserang penyakit lainnya seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan masih banyak lagi penyakit lainnyaakan tetapi, ada jenis kolesterol yang memberikan efek negatif tersebut dan tidak semua kolesterol bersifat racun atau jahat. Oleh sebab itu, berbagai cara menurunkan kolesterol ditempuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Baca Juga : Diet Dengan Melihat Golongan Darah

Kolesterol dalam darah tidak bisa bekerja sendiri untuk menjalankan fungsinya karena kolesterol tidak bisa larut dalam darah dengan sendirinya. Untuk itu, kolesterol memerlukan protein ipopretein yang akan membantu proses peredaran kolesterol dalam darah. Jika kolesterol tidak dilarutkan dengan baik maka akan terjadi peningkatan kolesterol dalam darah dan untuk mengatasinya perlu dicari cara menurunkan kolesterol secara efektif agar hal yang tidak diinnginkan tidak terjadi. Namun sebelum mengetahui bagaimana mengatasi kolesterol yang ada dalam tubuh, perlu diketahui jenis kolesterol yang harus ditekan dan yang tidak perlu dikhawatirkan.

Jenis-Jenis Kolesterol dalam Darah

  1. LDL atau Low Density Lipoprotein

Ini adalah jenis kolesterol pertama yang ada dalam darah yang harus dihindari karena ini adalah jenis kolesterol jahat yang akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. selain itu, kolesterol LDL memiliki jumlah paling banyak dari jenis kolesterol lainnya sehingga apabila LDL kadarnya tinggi akan beresiko pada penumpukan dan pengendapan kolesterol dalam darah.

  1. HDL atau High Density Lipoprotein

HDL merupakan kolesterol baik yang ada dalam pembuluh darah dan memiliki fungsi mencegah terjadinya pengendapan kolesterol dalam darah serta menghindari pembentukan plak yang ada di dinding pembuluh darah. Jenis kolesterol ini merupakan kebalikan dari LDL

  1. Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang terdapat pada darah dan beberapa organ penting lainnya di dalam tubuh. jenis lemak ini bisa dikatakan sebagai pemicu peningkatan kolesterol karena jika trigliserida dalam darah meningkat maka kadar kolesterol juga meningkat. Penyebab dari peningkatan trigliserida adalah kegemukan, konsumsi gula berlebihan, konsumsi makanan berlemak, dan konsumsi alkohol. Untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat rendah.

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah pasti ada penyebabnya. Penyebab yang mungkin disadari namun tidak dipedulikan atau penyebab yang memang tidak disadari. Selain disebabkan karena adanya pengaruh genetika atau keturunan, faktor usia juga menjadi penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Penyebab lainnya adalah karena gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan yang kurang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar penyebab kolesterol dalam darah untuk lebih memahami agar segera dilakukan tindakan sebagai upaya dan cara menurunkan kolesterol peningkatan kadar kolesterol itu sendiri.

Penyebab-Penyebab Meningkatnya Kolesterol dalam Darah

  1. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak dengan porsi yang berlebihan seperti mengonsumsi biskuit, makanan siap saji, mentega, dan makanan berlemak lainnya.
  2. Memiliki berat badan yang berlebih karena penumpukan lemak dalam tubuh atau obesitas
  3. Tidak rajin melakukan gerakan tubuh seperti berolah raga secara rutin
  4. Perokok aktif dan suka minum kopi dengan porsi berlebih
  5. Menjalankan gaya hidup yang kurang baik dan kurang sehat
  6. Tekanan mental atau stress
  7. Menderita penyakit lain seperti diabetes melitus
  8. Menjalankan pola diet yang salah

Penyebab-penyebab ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlunya perubahan yang dimulai dari sekarang agar kehidupan menjadilebih baik dan sehat. Akan tetapi jika kolesterol sudah meningkat dalam darah perlunya perawatan dan perlakukan dengan cara menurunkan kolesterol yang ada dalam darah. Cara yang paling gampang da mudah adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat yang akan membantu menurunkan kolesterol dalam darah secara alami.

Cara Sehat dan Alami Menurunkan Kadar Kolesterol

  1. Mengonsumsi Teh Hijau

The hijau mengandung zat tanin yang memiliki fungsi dan kemampuan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah sehingga proses penumpukan kolesterol jahat bisa ditangani. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin atau empat cangkir setiap hari akan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

  1. Mengonsumsi Alpukat

Selain mengandung vitamin E, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh derta mampu memerangi lemak tak jenih yang terdapat dalam darah. Dalam mengolah alpukat sebaiknya jangan dicampur dengan bahan manis lainnya seperti susu yang hanya akan mengurangi khasiat dari alpukat itu sendiri. Dalam menikmati alpukat bisa dibuat sebagai minuman jus atau dijadikan sebagai campuran salat buah yang segar.

  1. Mengonsumsi Delima

Buah delima sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, buah delima juga mengandung zat oksida nitrat yang akan membantu mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah arteri. Untuk mendapatkan khasiatnya bisa dengan membuatnya sebagai minuman atau jus segar.

  1. Mengonsumsi Tomat

Jus tomat yang dikonsumsi dua gelas sehari secara rutin akan menurunkan kolesterol secara alami. Cara menurunkan kolesterol dengan jus tomat cukup efektif karena setelah beberapa hari kadar kolesterol jahat dalam darah akan turun dengan baik.

Begitu banyak cara menurunkan kolesterol tanpa harus terburu-buru mengonsumsi obat-obatan walaupun sebenarnya tidak di larang. Akan tetapi akan lebih baik jika mencoba cara alami terlebih dahulu dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. terima kasih telah berkunjung di caraperempuan.com semoga bermanfaat