Mengenal Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan reproduksi – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita rentan terkena serangan dan ancaman dari lingkungan luar yang berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sebagai seorang perempuan, kesehatan tubuh sangatlah penting apalagi yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi demi keberlangsungan masa depan dalam menjalani kehidupan. Kesehatan reproduksi meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental yang berhubungan dengan alat reproduksi derta fungsi dan proses reproduksi tersebut. Menjaga kesehatan reproduksi harus dilakukan sejak dini sehingga akan memberikan kehidupan dalam kehidupan seksual yang sehat dan aman ketika telah menikah.

Mengenal Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi perempuan memang sangat rentan terserang berbagai infeksi ataupun penyakit yang berdampak pada kematian bila tidak ditanggulangi dengan cepat dan tepat. Kesehatan reproduksi bergantung bagaimana cara merawatnya mulai dari gaya hidup, pola makan, hingga perilaku yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi secara menyeluruh.

Berbagai gangguan yang mengancam kesehatan reproduksi bisa juga disebabkan oleh perilaku dan kebiasaan yang buruk. Gangguan reproduksi bisa dimulai dari infeksi bagian luar hingga ke bagian dalam atau karena kebiasaan yang kurang sehat menjadikan masalah yang membuat sistem reproduksi menjadi terganggu. Sebagai informasi berikut ini sejumlah gangguan yang bisa dialami dan mengganggu kesehatan reproduksi pada perempuan yang sering dialami. Baca juga : Manfaat Putih Telur bagi Kesehatan

Macam Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

  1.  Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Gangguan pada siklus menstruasi disebut dengan istilah amenore primer dan sekunder. Pada kasus amenore primer ialah menstruasi yang belum terjadi walaupun sudah mencapai usia untuk mengalami siklus menstruasi. Sedangkan pada kasus amenore sekunder ialah perempuan yang sudah pernah mengalami menstruasi namun terhenti hingga dalam periode 3 – 6 bulan.

  1. Gangguan Endometriosis

Gangguan endometriosis akan mengakibatkan rasa nyeri pada bagian pinggang atau pada bagian perut atau rasa nyeri saat menstruasi. Keadaan ini disebabkan karena jaringan endometriosis yang berada diluar jalur sebenarnya atau lebih tepatnya berada pada ovarium pada perempuan.

  1. Kanker pada sistem reproduksi

Kanker rahim, kanker serviks, dan kan ker yang menyerang pada sistem reproduksi merupakan gangguan kesehatan reproduksi yang sangat dan harus disadari sejak dini. Belum tahu apa penyebabnya namun yang jelas adanya virus menjadi penyebab serangan penyakit ini. Pertumbuhan sel yang tidak wajar pada bagian serviks menjadi akar pertumbuhan kanker yang mematikan.

  1. Infeksi pada Bagian V*gina

Infeksi pada bagian v*gina akan membarikan dampak negatif pada kesehatan reproduksi. Infeksi ini akan menyebabkan terjadinya keputihan yang mengeluarkan bau tidak sedap dan disertai dengan rasa gata. Jika infeksi ini tidak diatasi dengan serius, ditakutkan pada dampak infeksi yang lebih dalam lagi.

  1. Infertilisasi pada Sistem Reproduksi

Dampak buruk dari infertilisasi adalah kemandulan dimana sistem reproduksi wanita tidak mengalamimasa subur sehingga tidak bisa mengalami pembuahan. Ini adalah salah satu masalah kesehatan reproduksi yang sangat memprihatinkan jika tidak ditangani dengan tepat. Banyak sebab infertilisasi sistem reproduksi terjadi. Salah satunya adalah pola makan yang tidak baik atau manajemen stress yang buruk.

  1. Gangguan Condiloma Accuminata

Gangguan ini karena adanya virus human papiloma yang berdampak pada munculnya daging seperti kutil yang akan semakin bertumbuh dan akhirnya menjadi alasan pertumbuhan kanker pada mulut rahim atau kanker servik.

  1. Gangguan Mola Hidalidosa

Mola hidalidosa atau hamil anggur adalah keadaan dimana seorang perempuan mengalami gejala seperti hamil namun tidak ditemukan pertumbuhan janin dalam rahim. Yang ada hanya gelembung-gelembung atau mola darah yang mengalami pembekuan. Perempuan yang mengalami hamil anggur harus segera diambil tindakan untuk membersihkan gelembung atau mola tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pendarahan hebat yang berujung pada kematian.

Begitu berbahaya dan menghawatirkannya gangguan yang mengancam kesehatan reproduksi pada wanita yang apabila tidak ditangani dengan maksimal akan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. untuk itu, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dan organ reproduksi lainnya akan menghindarkan diri dari gangguan tersebut. Sejumlah cara menjaga kesehatan reproduksi dimulai dengan hal yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

  1. Selalu menjaga kebersihan v*gina sebagai alat reproduksi paling luar. Ketika BAK atau BAB selalu dibersihkan dengan air yang bersih dan cara menyiramkannya juga benar yaitu dari depan ke arah belakang.
  2. Ketika sedang menstruasi gantilah pembalut minimal dua jam sekali apalagi pada awal datang menstruasi.
  3. Jangan memasukkan jari kedalam organ v*gina bagian dalam walau niatnya hanya untuk membersihkannya. Kegiatan ini akan memicu terjadinya iritasi dan memusnahkan bakteri baik dalam v*gina.
  4. Hindari penggunaan sabun biasa untuk membersihkan v*gina karena akan menyebabkan v*gina menjadi kering sehingga mudah mengalami iritasi.
  5. Jika selama penggunaan sabun atau cairan pembersih organ intim mengalami iritasi atau gatal, hentikanlah pemakaian agar tidak mengalami masalah lebih lanjut.
  6. Menjaga kebersihan organ intim dengan mengganti celana dalam setidaknya dua kali sehari. Jika sedang mengalami keputihan dianjurkan untuk menggunakan pantyliner dan gantilah minimal dua jam sekali untuk menghindari kelembaban di area organ intim. Selain itu, periksakanlah ke dokter jika keadaan keputihan terasa tidak normal untuk tindakan lebih lanjut.
  7. Menjalankan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat untuk selalu mejaga kesehatan reproduksi dari dalam. Asupan nutrisi yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk kesehatan reproduksi.
  8. Berkonsultasi sesegera mungkin ke dokter spesialisasi kandungan jika mengalami masalah atau gangguan seperti yang disebutkan diatas untuk diketahui penyebabnya serta cara menanggulanginya lebih lanjut.

Terima kasih atas kunjungannya di caraperempuan.com semoga bermanfaat.

Menjaga kesehatan reproduksi mulai dari bagian luar hingga bagian terdalam sistem reproduksi akan menjadi hal terpenting bagi wanita.

Incoming search terms:

  • kesehatan reproduksi (87)
  • kesehatan (3)
  • penyakit dalam kespro (1)
  • kesehata (1)
  • kesehatan reproduksi pada wanita (1)