Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Manfaat minyak zaitun – Minyak nabati zaitun merupakan ekstrak buah zaitun digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tanaman buah zaitun atau Olea Europaea merupakan bagian dari famili Oleaceae. Sebagian orang menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari makanan untuk dikonsumsi, dan sebagian orang lainnya menjadikan minyak zaitun sebagai bahan perawatan kecantikan meliputi wajah, rambut, kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya.

Khasiat dan manfaat minyak zaitun sudah sangat umum dikenal dalam masyarakat di seluruh dunia dimana minyak esensial ini memiliki kandungan nutrisi baik untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan kecantikan. Secara umum, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ataupun manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sudah menjadi bagian dalam pola menjalankan hidup sehat sehari-hari.

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dan memasukkan minyak zaitun dalam menu makanan sehat menjadikannya sangat populer. Untuk lebih meyakinkan, berikut ini sejumlah manfaat minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Mengonsumsi minyak zaitun teratur akan mengurangi konsumsi obat hipertensi

Sebuah penelitian pada tahun 2000 yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro dari universitas Napoli Italia menyatakan bahwa hasil penelitian dari 32 penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi minyak zaitun terbukti mampu menurunkan tingkan tekanan darah dalam kadar 7 poin. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam sebuah majalah Achieves of Internal Medicine. { Baca Juga : 7 Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan }

  1. Minyak zaitun mampu mengurangi kada kolesterol berbahaya dalam tubuh

Pengungkapan fakta dari sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi minyak zaitun mampu menurunkan tingkat kolesterol tinggi serta kolesterol jahat dalam tubuh tanpa membunuh kolesterol baik.

  1. Menghindari resiko penyumbatan dan penebalan pembuluh darah

Penyumbatan (trombosis) dan penebalan (arteriosklerosis) pada pembuluh darah jantung bisa dikurangi dengan mengonsumsi minyak zaitun. Hal ini karena kandungan dalam minyak zaitun mampu mengurangi pengaruh negatif lemak penyebab pembekuan darah. Penelitian ini dipublikasikan dalam majalah AMJ CLIN NUTRL pada tahun 1999.

  1. Mampu membersihkan wajah

Manfaat minyak zaitun merawat kecantikan wajah sudah digunakan sejak lama karena kandungan dalam minyak zaitun mampu membersihkan wajah dari make-up, kotoran, dan debu. Penggunaan minyak zaitun tidak hanya sekedar membersihkan wajah saja melainkan membuat wajah menjadi lebih sehat terawat.

  1. Merawat kesehatan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut akan mengatasi sejumlah masalah rambut seperti kerontokanrambut, rambut kering, sekaligus menyehatkan kulit kepala. Kelembaban pada kulit kepala akan menjadi lebih baik sehinngga peredaran nutrisi hingga kerambut menjadi lebih baik. Hasil maksimal akan di dapat dengan penggunaan teratur sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat. { Baca Juga : Cara Mengobati Ambeien }

  1. Menjaga kesehatan kaki

Jadikan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk memijat telapak kaki atau tumit yang kering dan pecah-pecah, lalu tutupi kaki menggunakan kaus kaki dan biarkan semalaman. Dengan penggunaan rutin kaki akan menjadi lebih halus serta terhindar dari masalah pecah-pecah.

  1. Menghaluskan kulit secara menyeluruh

Mencampurkan minyak zaitun dalam bak mandi yang akan digunakan menjadikan kulit menjadi lebih halus. Pada jaman dulu, minyak zaitun akan membantu proses penyembuhan lebih cepat ketika dicampur dalam air mandi.

Tidak hanya menyehatkan, minyak zaitun juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Manfaat minyak zaitun bisa dirasakan secara langsung untuk dikonsumsi atau mencampurnya dengan bahan untuk perawatan luar tubuh. Terima kasih atas kunjungannya di caraperempuan.com semoga bermanfaat.

Begitu banyak manfaat minyak zaitun yang mungkin tidak bisa disebutkan satu-persatu.