5 Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Semarang

by -20 views
wisata semarang murah

Menikmati keindahan suatu kota jangan sampai terlewat meskipun hanya singgah sebentar. Destinasi wisata Semarang menawarkan keberagaman budaya, kamu bisa menikmati semuanya dalam 5 destinasi ini, dan cocok juga bagi kamu yang hanya singgah sebentar di Semarang. Selain harus menikmati kuliner yang menggoyang lidah. Kamu harus menikmati suasana yang berbeda saat di Semarang yang bikin ingin balik lagi.

Saya melakukan perjalanan ke Semarang bersama beberapa teman dengan jangka waktu yang terbilang singkat, hanya beberapa hari. Jadi, saya menuliskan 5 destinasi wisata Semarang ini sebagai cuplikan rekomendasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

5 Destinasi Wisata Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

Beberapa traveler ingin liburan yang tidak hanya satu kota saja, beberapa hari mengunjungi kota A, kemudian lanjut ke kota B. Nah, bagi kamu yang tidak punya waktu lebih untuk menikmati Semarang, masih banyak lokasi wisata yang muranh meriah untuk dikunjungi. Siapa tahu, beberapa bulan bisa menikmati Semarang hingga menjelajahi lokasi yang menawan lainnya.

Lawang Sewu

Jika menyebut kota Semarang, pasti yang terlintas adalah Lawang sewu, salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan. Namun, jika kamu memilih musim liburan untuk berkunjung ke lawang sewu, siapkan kesabaran yang banyak ya! Karena dipadati pengunjung, bahkan harus rela antri untuk berfoto di spot tertentu, saat foto juga harus sabar juga untuk mendapatkan moment yang pas, karena nggak jarang saat siap untuk memotret, ternyata ada pengunjung yang lewat di depan kita.

Meskipun banyak cerita mistis yang mengelilinginya, tapi daya tarik bangunan juga nggak kalah keren. Kamu bisa melihat sejarah perkereta apian di Indonesia. Di sini disediakan jasa tour guide, untuk mengenal lebih dalam sejarah Lawang Sewu, selain menikmati pemandangan, kamu bisa membeli oleh-oleh seperti kain batik, baju dan aksesoris lainnya. Jangan lupa, untuk selalu jaga kebersihan dan jaga keselamatan.

Sam Poo Kong.

Haru dan wajib untuk bela-belain ke Semarang saat Imlek, karena banyak banget kegiatan yang diadakan di kota ini, seperti bazaar, pementasan kebudayaan dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang ditunggu adalah acara yang diadakan di klenteng agung Sam Poo Kong.

Cara masuk ke area Sam Poo Kong dengan cara membeli tiket yang bisa dibeli di area parkir (sebelum mask kelenteng) atau bisa beli di aplikasi pemesanan tiket. Ada 2 tiket yang bisa dibeli, tiket yang hanya bisa masuk di area depan klenteng, dan tiket yang bisa masuk ke dalam area klenteng (menjelajahi seluruh kawasan).

 

Saya dan teman-teman memilih untuk beli tiket yang bisa masuk ke area klenteng, namun karena klenteng ini masih aktif dijadikan tempat ibadah, maka ada beberapa area yang dilarang masuk untuk para wisatawan. Di area belakang, kamu bisa melihat ukiran dari batu, cerita tentang kisah Laksamana Ceng Ho yang melakukan pendaratan pertama di Semarang.

Masih di area yang sama, terdapat Goa batu yang tidak semua diperbolehkan untuk masuk, karena masih aktif dijadikan tempah ibadah. Kawasan Sam Poo Kong yang identik dengan warna merah ini semakin semarah ketika merayakan Imlek, biasanya ada atraksi barongsai, liong, tari-tarian, hingga hiburan dari artis Ibu Kota.

Kota Lama Semarang.

Meskipun kamu hanya singgah di Semarang, sempatkan waktumu untuk ke Kota Lama, nikmati gedung-gedung yang memberikan kesan Semarang pada masa lalu, tak heran jika beberapa lokasi dijadika area untuk foto pre-wedding atau hanya sekadar foto untuk di-upload di media sosial.

Salah satu destinasi wisata semarang yang murah meriah alias gratis! Kamu bisa menikmati sambil jalan-jalan santai, atau bisa berfoto bersama seniman yang memberikan jasanya, biasanya mereka mengenakan kostum tempo doeloe, seperti noni belanda, kostum pejuang, hingga manusia silver.

Kapanpun bisa ke sini, tapi lebih nyaman jika berjalan kaki untuk menyusuri Kota Lama, apalagi kalau ke sana saat weekend, tumpah ruah pengunjungnya. Justru suasana ramai, tidak bikin cepat lelah untuk mengelilingi kota lama, karena banyak temannya.

Di kawasan ini juga banyak kuliner yang bisa dinikmati, mulai dari jajanan hingga makanan berat. Selain itu, terdapat beberapa toko oleh-oleh yang dikelola oleh UKM setempat, banyak yang berjualan benda-benda kuno, yang beneran kuno, atau memang sengaja dipoles hingga nampak kuno. Saya membeli beberapa lembar kartu pos yang menampilkan foto kota Semarang pada tempo doeloe.

Masjid Agung Semarang.

Pesona Masjid Agung Semarang, memiliki kesan tersendiri apalagi masjid ini siebut-sebut sebagai replika dari Masjid Nabawi. Kesan pertama saat melihat sendiri Masjid Agung Semarang ini sangat megah dan banyak jamaah yang beribadah, tak sekadar hanya menikmati keindahan area masjid.

 

Masjid terdiri dari beberapa lantai, selain lantai utama yang dijadikan untuk sholat, lantai di bawahnya biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul jamaah yang belajar mengaji dan kegiatan keagamaan lainnya. Di area depan masjid sangat luas, meskipun di area terbuka, namun lantainya tetap dingin, dan terdapat payung-payung besar yang memberikan kesan seperti Masjid Nabawi.

Menara Al Husna.

Lokasinya masih satu area dengan Masjid Agung Semarang, terdiri dari 19 lantai. Jika ingin menikmati pemandangan Semarang dari atas, Menara Al Husna bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk membeli tiket masuk yang harganya relatif murah. Sebelum menuju ke lantai 19, kamu bisa menuju ke lantai 2 dan 3 untuk mengunjungi Museum Kebudayaan Islam.

Sayang sekali, saya belum bisa berkesempatan untuk melihat museumnya karena keburu tutup, saat itu saya dan teman-teman berkunjung ketika sore hari, sekalian sholat maghrib dan isya di sana, dan malamnya ke Menara, ternyata museumnya sudah tutup, jadi langsung saja ke lantai 19. meskipun terkesan tinggi banget, tapi saat naik lift terasa cepat dan nggak bikin pusing.

Saya merekomendasikan jika ingin ke menara lebih baik saat malam hari, karena pemandangan Semarang dari ketinggian saat malam hari begitu romantis, damai dan menenangkan, meskipun anginnya berhembus lumayan kencang.

Kamu bisa melihat pemandangan dengan menggunakan teropong yang disediakan di lokasi, dengan merogoh beberapa rupiah untuk beberapa menit. Tenang saja, di lantai 19 ada petugasnya, tempatnya juga aman karena di kelilingi oleh trali besi.

Semarang yang Selalu Dirindukan.

Tujuan berlibur memiliki banyak macamnya, ada yang ingin melepaskan rasa penat, atau ada yang liburan sekadar bingung mau habiskan uangnya. Semarang merupakan keharmonisan dalam keberagaman, setiap menjelajahi setiap sudut, selalu saja ada pencampuran antar budaya dan itu terlihat harmonis. Perjalanan selanjutnya, ingin lebih mengeksplor lebih banyak.

One thought on “5 Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Semarang

  1. Waahhh, kangen Semarang deh jadinya 😀
    Kami terakhir ke Semarang tuh tahun 2015 lalu, udah lama banget ya 😀

    Waktu itu nggak ada rencana sama sekali, dari Jogja malah ke Semarang sekalian.
    Sampai di sana baru deh bingung mau ke mana, akhirnya kami ke simpang lima, trus ke Lawang Sewu, abis itu ke Masjid Agung Semarang, hanya berbekalkan google maps tuh, dan disasar-sasarkan pula hahaha.

    Sayang waktu itu saya lagi ‘dapet’, jadi nggak bisa mampir sholat sekalian, padahal kami biasanya selalu mampir sholat kalau ada masjid terutama yang keren-keren 😀

    Dulu tuh sama sekali nggak ngeh dengan Sam Poo Kong, waktu googling kok nggak muncul gitu di blog yang saya baca. Malah kami ke Brown Canyon, padahal itu di luar kota Semarang 😀

    Duh bikin kangen ih, kapan ya bisa jalan-jalan lagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *