August 11, 2020
budaya antri

Budaya Antri dan Fenomenanya

Sebelum membahas tentang budaya antri dan fenomenanya. Menurut KBBI, antri merupakan kata tidak baku, dari antre. Namun, banyak yang menggunakan kata antri daripada antre. Bahkan media besar juga. Di postingan kali ini, akan menggunakan kata antri dan menuliskan pengalaman tentang antri.

Sebenarnya mengantri merupakanhal yang mudah, tapi dalam keseharian selalu saja ada pengalaman yang tidak menyenangkan. Padahal menerapkan budaya antri bisa menciptakan ketertiban dan saling menghormati sesama masyarakat yang bersedia dan rela untuk menerapkan sistem antrian.

Pengalaman tidak menyenangkan saat mengantri.

Seseorang yang dengan sadar mengikuti anturan merupakan orang yang disiplin, meskipun aturan tersebut sedehana seperti mengantri, dia juga merupakan orang yang tidak egois. Namun dalam bermasyarakat, ada saja pengalaman yang tidak menyenangkan saat mengantri, seperti :

Antrian diserobot.

Sudah ikuti aturan, sabar dengan antrian panjang eh tahu-tahu dari belakang ada yang menyerobot dengan santainya. Pasti sebel dong, ada aja alasan tersebut menyerobot, karena terburu-buru, sudah ditunggu anaknya di depan toko, belinya hanya satu barang saja dan masih banyak lagi. Apa dia tidak melihat orang yang sedang antri? Mereka juga sedang terburu-buru, ditunggu keluarga, barang yang dibeli tidak banyak tapi tetap bisa mematuhi aturan. Memang, setiap orang ingin dijadikan prioritas, tapi bukan berarti melanggar hak orang lain, antrian di depan yang harus dilayani terlebih dahulu.

Menyerobot, ternyata dilayani terlebih dahulu.

Hal yang tidak menyenangkan lainnya, ternyata yang menyerobot malah dilayani terlebih dahulu, entah kasirnya pura-pura tidak tahu atau memang tidak mau tahu, bahwa menyerobot antrian merupakan hal yang salah. Kalau sudah terjadi, harus memiliki keberanian untuk memprotes,

Sudah antri, ternyata kasirnya tutup.

Meskipun pengalaman ini jarang terjadi, tapi pernah mengalami, sekali mengalami bikin sakit hati.  Padahal sudah sabar, sudah sampai di depan kasir, ternyata kasirnya tutup, dengan alasan sudah waktunya jam istirahat, kemudian disuruh geser di kasir sebelahnya. Meskipun jarak kasir sebelah tidak jauh, rasanya ditolak saat siap membayar membaut hati beneran sebal. Ada-ada saja pengalaman ini.

Baca Juga  Cara Menghadapi Teman Menyebalkan

Fenomena antrian.

Fenomena antri yang tidak kalah mencuri perhatian ketika sebuah brand besar melaunching produk baru atau produk limited edition. Antrian yang mengular memang tidak masuk di akal, tapi bagi penggemar berat sebuah brand pasti akan melakukan apa saja untuk menjadi orang pertama yang memilikinya.

Black Friday Sale.

Merupakan acara sale gila-gilaan karena harganya yang sangat murah. Seperti namanya, sale ini dilakukan pada hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Tak sebatas produk tertentu yang didiskon, hampir peralatan rumah tangga bisa kamu beli dengan harga yang murah daripada perayaan diskon lainnya. Siapa saja boleh menyelenggarakan Black Friday Sale, dari toko online, super market, hingga toko lokal biasanya antusias untuk menggelar Black Friday Sale, hanya diselenggarakan satu hari dengan diskon yang membuat orang rela antri hingga rela menginap di depan toko sehari sebelumnya. Barang yang jadi incaran untuk dibeli, biasanya merupakan barang elektronik.

Pembukaan toko kue para artis.

Pada masanya para artis berlomba-lomba untuk membuka kue “khas” suatu daerah meskipun adonan dasarnya hampir mirip semuanya, tapi tak menyurutkan masyarakat untuk rela mengantri demi memnjadi orang pertama yang mencicipi kue para artis. Ada yang rela antri sebelum toko buka, selain mendapatkan harga promo, pengunjung juga berharap bisa bertemu secara langsung dengan idolanya dari dekat. Fenomena ini ternyata membuka peluang baru, yaitu munculnya jastip toko artis. Apa kamu sudah menikmati kue yang fenomenal?

Diskon gila-gilaan dari sebuah brand sepatu.

Beberapa waktu lalu, sebuah mall di Jakarta dibanjiri oleh antrian pengunjung yang ingin mengikuti diskon gila-gilaan dari sebuah brand sepatu. Tidak hanya koleksi sepatu lawas mereka tapi ada juga produk terbaru yang didiskon dengan harga yang sangat murah. Meskipun pembelian dibatasi tapi tak menyurutkan antusias para penggemar sepatu ini. Tak hanya sepatu,sebuah brand smartphone yang meluncurkan gawai terbarunya selalu mendatangkan antusias warga. Menjadi suatu kepuasaan tersendiri jika termasuk orang pertama yang memiliki gawai tersebut. Biasanya, ada layanan khusus bagi barang-barang limited, atau beberapa antrian awal yang ingin mendapatkan suatu barang, seperti nomer seri yang menandakan limited, perayaan untuk antrian pertama berupa foto atau mendapatkan layanan khusus lannya.

Baca Juga  Resep Minuman Herbal Yang Mudah Dan Cepat

War ticket konser KPOP.

Sudah bukan hal yang asing lagi jika mendapatkan tiket konser KPOP penuh dengan perjuangan, meskipun harganya selangit tapi tak menyurutkan niat para KPOPERS untuk bertemu dengan idola mereka. Tak jarang ada yang tidak kebagian tiket, namun kamu bisa pilih opsi untuk membeli tiket di jastip tiket yang sering menjajakan jasanya di media sosial. Perlu kewaspadaan jika akan membeli melalui jastip karena banyak oknum yang tidak bertanggungjawab. Keseruan antri di depan layar laptop untuk menunggu dibukanya web untuk membeli tiket memang menimbulkan keseruan yang meningkatkan andrenalin. Selain war ticket, event yang diselenggarakan untuk mendapatkan barang KPOP selalu mendatangkan masa yang antusias.

Di balik antrian sebuah event.

Terciptanya antrian pada suatu event, seperti pembukaan toko, event diskon dan lainnya bisa dijadikan sebagai publisitas untuk suatu brand. Panjangnya antrian menunjukkan antusiasme masyarakat. Apalagi jika terdapat pengumuman yang menarik seperti barang yang dijual merupakan limited edition. Harga barang yang dijual lebih dari separuh harga. Hal seperti ini tercipta sesuatu yang viral, dan bisa menjadi publisitas gratis karena menjadi bahan pembicaraan warga net.

Budaya antri seharusnya dilestarikan melalui kegiatan keseharian mulai dari anak-anak hingga dewasa. Menghormati hak orang lain yang sudah menerapkan antrian, jika sudah terbiasa tertib, dapat menghindarkan keributan dari orang yang tidak bertanggungjawab (menyerobot).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *