August 11, 2020
resep minuman herbal

Resep Minuman Herbal Yang Mudah Dan Cepat

Minuman herbal dipercaya memiliki banyak khasiat, untuk mengobati penyakit tertentu ataupun untuk menjaga daya tahan tubuh, dengan adanya kemajuan teknologi, banyak tanaman herbal yang diekstrak dan diolah menjadi kemasan siap minum. Namun, tak sedikit yang masih melestarikan dengan cara pengolahan tradisional.

Khasiat tanaman herbal.

Bukan tanpa alasan masyarakat Indonesia masih setia dengan tanaman kesehatan, khasiat yang diceritakan dari turun-temurun hingga hasil uji lab. Berikut khasiat tanaman herbal yang bersumber dari beberapa literatur :

Jahe.

Tanaman yang bisa tumbuh di segala musim ini menjadi primadona, selain untuk obat herbal, juga sebagai bumbu masakan yang menimbulkan rasa pedas. Banyak sekali manfaat dari jahe, seperti menjaga imunitas tubuh / kekebalan tubuh, menjaga kesehatan hati, antirematik, regenerasi sel-sel kulit tubuh, sebagai obat batuk dan masih banyak lagi.

Kunyit.

Kunyit atau bisa juga disebut dengan kunir, mengandung senyawa berkhasiat yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, dipercaya mampu mengobati diabetes militus, disentri, haid tidak lancar dan penambah nafsu makan. Selain untuk obat herbal, kunyit sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Sereh.

Serah atau serai termasuk ke dalam famili rumput-rumputan. Tanaman ini bisa juga sebagai penghasil insektisida alami untuk mengusir populasi hama pada tanaman. Manfaat sereh sebagai penangkal nyamuk (aromanya tidak disukai nyamuk), anti bakterial anti jamur, mengobati sakit kepala, nyeri lambung dan masih banyak lagi.

Kayu manis.

Siapa yang pernah melihat tanaman kayu manis? Ternyata tinggi tanaman ini bisa mencapai 15 meter dan diameternya bisa mencapai 30cm, memiliki daun berwana merah. Kayu manis bermanfaat atirematik, analgesik (menghilangkan sakit) dan meningkatkan nafsu makan.

 

Resep minuman herbal

Satu bahan sudah bisa diolah menjadi minuman kesehatan, ada juga yang mengolah beberapa bahan untuk menambah khasiat. Menyajikan minuman herbal cukup mudah, seperti diseduh, blender, direbus dan masih banyak lagi. Resep kali ini, cukup diseduh saja, bisa disajikan secara hangat ataupun dingin.

Baca Juga  Cara Menghadapi Teman Menyebalkan

Berikut resep minuman herbal yang mudah dan cepat.

 

resep teh lemon

Wedang teh lemon

Bahan-bahan :

1 iris lemon (sesuai selera).
1 kantong teh celup (merek apa aja).
Air.

Cara membuatnya :
1. Siapkan teh celup di dalam gelas atau cangkir.
2. Rebus air hingga mendidih.
3. Masukan air ke dalam cangkir yang berisi teh celup.
4. Tunggu hingga air mengental, tambahkan irisan lemon.
5. Sajikan hangat.

Catatan :
Bisa menambahkan gula sesuai selera atau tanpa gula, bisa disajikan sebagai minuman dingin.

 

Wedang teh jahe

Bahan – bahan :

1 kantong teh celup (merek apa aja).

1 ruas jahe atau disesuaikan menurut selera.

Gula pasir sesuai selera (bisa tanpa gula).

Jeruk nipis.

Air.

Cara membuatnya :

  1. Bersihkan jahe, kemudian geprek. Taruh ke dalam gelas atau cangkir.
  2. Rebus air hingga mendidih. Kemudian tuangkan ke dalam gelas yang berisi jahe.
  3. Celupkan teh dan gula. Aduk sampai merata.
  4. Untuk menambah rasa, tambahkan perasan jeruk nipis.

Catatan :

Minuman ini biasanya dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh, beberapa orang juga mempercayai jika minuman ini cocok untuk perut kembung.

 

resep minuman herbal imunitas

 

Wedang sereh.

Bahan-bahan :

1 batang sereh (gunakan yang warna putih).

1 ruas jahe.

1 ruas kunyit.

Gula batu sesuai selera.

Air.

Cara membuat :

1.Bersihkan sereh, jahe, kunyit dan jahe, kemudian geprek. Taruh ke dalam gelas atau cangkir.
2.Tambahkan gula ke dalam gelas sesuai selera.
3.Rebus air hingga mendidih. Masukan air ke dalam gelas.
4.Tunggu hingga air berubah warna (bahan-bahan mulai tercampur dengan air).
5.Sajikan hangat.

Catatan :

Wedang sereh biasanya ditambah dengan kayu manis dan cengkeh, bisa disajikan lengkap. Jika tidak tersedia, cukup ketiga bahan (sereh, jahe, kunyit). alternatif lainya bisa diseduh dengan teh.

Baca Juga  Budaya Antri dan Fenomenanya

Minuman ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk pemanis, bisa ditambah dengan madu atau gula merah sesuai selera. Minuman sereh bisa juga disajikan dingin.

 

Rutinitas menikmati minuman herbal

Dalam sajian minuman herbal di postingan ini, jenis jahe bisa menggunakan apa saja, bisa digeprek atau dibakar, tambahkan bahan pelengkap seperti cengkeh, kayu manis, gula sesuai selera dan tergantung ketersediaan. Takaran yang saya tulis untuk sekali minum, jumlahnya bisa disesuaikan.

Saya biasanya meminumnya setelah makan, dan gonta-ganti menu minuman, hari senin membuat wedang lemon, hari selasa ingin seduh teh hangat saja, begitu juga hari-hari yang lain. Untuk minuman dengan campuran jahe, saya meminumnya seminggu sekali untuk daya tahan tubuh.

*Beberapa informasi tentang khasiat, bersumber dari buku Sehat Alami dengan Herbal : 250 Tanaman Berkhasiat OBat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *