Ide Resep Olahan Daging Mudah dan Cepat.

by -34 views
resep olahan daging mudah

Resep olahan daging di postingan kali ini terinspirasi dari pengalaman pribadi yang bingung dengan aneka masakan berbahan dasar daging.

Saya tipe orang yang suka masa anti ribet, kalau ingin masa dengan bumbu super lengkap dan cara yang berlapis-lapis, harus nunggu mood atau niat yang ekstra terlebih dahulu.

Kalau disuruh masak daging, pikiran melayang ke resep rendang, sambal goreng kentang dan semacamnya, pusing duluan. Padahal dengan olahan sederhana, menu daging juga tetap enak. Karena itu daging!

Cara yang biasa saya pakai untuk mengempukan daging, dengan cara daging dibalurkan parutan nanas, diamkan sebentar. Tapi, kalau daging masih fresh banget, cepat empuk meskipun direbus dengan metode rebus daging yang viral itu, 30 menit, kemudian didiamkan. Tapi saya masih menggunakan cara dengan dibalurkan parutan nanas.

 

Penggunaan bumbu siap saji.

Saya cukup sering menggunakan bumbu siap saji untuk mengolah masakan, penggunaan bumbu siap saji ini khusus yang bumbunya (menurut saya) kompleks. Seperti rawon, kluweknya cukup susah untuk cari, jarang yang jual, kalau mau beli di pasar yang lokasinya lumayan jauh dari rumah.

Bumbu siap saji ini sebagai “penyelamat” lidah yang ingin merasakan aneka macam masakan tapi bingung cara membuatnya. Bumbu yang enak menurut saya adalah bumbu Bamboe atau Mahmuda.

Pernah coba yang lain, tapi masih aga terasa “rasa pabrikan” bukan berasa bumbu rumahan, ada yang terlalu asin, ada yang kurang berasa. Kedua bumbu yang sudah saya sebutkan, sudah mendekati “pas” di lidah.

Ide resep olahan daging.

Ide resep olahan daging kali ini, beberapa menggunakan bumbu siap saji, namun saya sering menambah beberapa bahan, seperti irisan bawang merah agar terasa sedap. Berikut ide resep olahan daging yang mudah dan cepat :

Sop daging.

Keluarga saya merupakan tipe yang suka dengan makanan yang bumbunya ringan, clean gitu, salah satu menu favorite adalah Sop, isiannya bisa bervariasi, seperti kacang merah, janten, bakso, dan lainnya.

Sop yang paling enak terletak pada kaldunya, kalau lagi rajin, bisa bikin kaldu dari ayam (bagian ceker atau sayap)

Membua kaldu dari daging atau ayam cukup mudah, pertama rebus sebentar ayam atau daging, kemudian buang airnya. Lanjut ke rebusan kedua dan harus direbus lama biar medhog kaldunya.

Bahan :

Bawang putih.

Daun bawang.

Isian sop (wortel, bakso, sosis, janten, dll)

Air kaldu.

Garam.

Seledri.

Lada.

Cara membuat :

  1. Geprek bawang putih kemudian dicincang.
  2. Tumis bawang putih beserta irisan daun bawang, tumis hingga harum. Sisihkan minyaknya.
  3. Panaskan air kaldu hingga mendidih, masukan tumisan bawang putih.
  4. Masukkan isian sop ke dalam air kaldu.
  5. Tambahkan garam dan lada, koreksi rasa. Kalau saya lebih suka ladanya yang menonjol.
  6. Setelah matang, matikan api, masukkan seledri. Sajikan hangat.

Sop ini paling juara membuat mood jadi baik, kalau sakit yang ringan misalnya flu, meriang, bikin sop ayam dan kacang merah, rasanya langsung badan jadi “enakan”.

resep perkedel mudah praktis

 

Perkedel daging.

Perkedel daging merupakan menu favorite kedua setelah Sop. Cara membuatnya juga mudah.

Bahan :

Kentang.

Daging direbus, digeprek atau dipukul-pukul hingga pipih.

Kemiri (boleh dibakar sebentar, aaupun tidak).

Bawang putih, bawang merah (digoreng sebentar hingga layu).

Lada.

Garam.

Telor kocok lepas.

Cara membuat :

  1. Uleg bawang putih, bawang merah, kemiri, garam dan lada. Sisihkan.
  2. Daging yang telah dipukul-pukul, kemudian iris tipis-tipis sesuai selera, yang penting nanti bisa tercampur rata dengan adonan kentang.
  3. Iris kentang tipis-tipis, kemudian goreng di minyak yang banyak dan panas (goreng irisan kentang hingga tenggelam di dalam minyak).
  4. Uleg irisan kentang yang sudah matang di atas bumbu halus. Campur hingga rata, kemudian campur sedikit demi sedikit irisan daging. Tambahkan lada atau garam jika perlu. Koreksi rasa.
  5. Sebelum menggoreng, bulatkan adonan kentang kemudian celupkan di kocokan telur, kemudian goreng hingga matang. Sajikan hangat.

Rawon daging.

Khusus untuk rawon, pakai bumbu siap saji merek Bamboe, ikuti cara memasaknya. Saya biasanya menambahkan tumisan bawang merah dan bawang putih kemudian ditambahkan ke bumbu dan lanjut ke cara masanya.

Tambahkan sereh, bawang daun, dan bawang goreng biar tambah enak. Sajikan bersama nasi hangat dan perasan jeruk nipis

Empal daging.

Resep ini saya dapatkan di youtube dan beberapa dikreasikan sendiri. Kalau diliha hasil jadinya seperti lapis daging, dan bisa dimakan saat bumbu basah. Kalau mau digoreng juga silakan.

Bahan :

Daging diiris sesuai selera.

Kemiri

Ketumbar

Bawang putih

Bawang merah

Garam.

Laos.

Sereh

Gula jawa

Air asam gula jawa atau bisa diganti dengan perasan lemon.

Kecap manis.

Daun salam

Daun jeruk.

Cara membuat :

  1. Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam hingga halus.
  2. Tumis bumbu uleg, masukan laos, daging.
  3. Masukan air hingga daging terendam.
  4. Masukkan gula jawa, air asam jawa, dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  5. Masukkan sereh, daun salam, dan daun jeruk.
  6. Masak hingga daging empuk, dan airnya sampai berkurang, bumbunya jadi kental.
  7. Bisa langsung dimakan dengan nasi panas atau bisa digoreng, jangan lupa digerep tipis dan semakin nikmat.

Soto daging.

Sebenarnya ini mudah masaknya, tapi entah kenapa, bumbu Mahmuda yang soto lebih enak ketimbang kalau bikin sendiri. LOL.

Ikuti cara memasaknya, kemudian buat bahan pendamping, seperti irisan jeruk nipis, bawang goreng, koya, irisan kentang goreng, dan lainnya.

Inspirasi olahan daging lainnya.

Selain kelima menu tersebut, biasanya membuat sate daging sapi atau daging kambing dengan bumbu kecap saja, kemudian dicocol dengan sambal kecap ditambah cabe rawit dan bawang merah.

Kalau bosan dengan sate, bisa olah daging ala barbeque, di mini market sudah banyak pilihan sambal barbeque yang semakin menggoyang lidah

Bahan di atas memang tidak ada takarannya, sesuai selera. Menurut saya, memasak dan baking merupakan dua hal yang berbeda. Kalau masak “suka-suka” lidah, jadi takarannya sesuai yang kita inginkan.

Beda halnya dengan baking yang harus saklek dengan takaran, kalau tidak sesuai ya hasilnya bakalan bantet atau tidak enak rasanya. Selamat memasak!

4 thoughts on “Ide Resep Olahan Daging Mudah dan Cepat.

  1. Wah mantap. Calon istri idaman nih. Aku sampe sekarang gak bisa blas ngolah daging. Segala daging, mau daging sapi, ayam, daging ikan pun gak ada gambaran sama sekali. Jangankan ngolah, motong daging aja gak bisa. Wes talah Yuni isoke makan tok

    Olahan daging favoritku dimasak rendang. Selainnya gak minat, malah Ibukku kalau masak daging aku jarang makan.

  2. iya ya kenapa sih daging itu enak, diolah apapun enak apalagi kalau empuk.

    Aku kalau daging sapi pake presto, nanas ini kalau kambing alot soalnya hehe.

    Oiya aku kok belum tau ya video viral rebus daging empuk itu, hmmm.

  3. Kayaknya yang cuman sup daging deh yang gampil Sar, hahaha.
    Saya biasaya kalau daging dimasak soto Jekardah, pakai santan.

    Atau ditumis pakai kecap aja.

    kalau pakai bumbu instan, kadang baik saya maupun anak-anak kurang doyan, kayak jadi manis aja rasanya.
    Guaya pool kok diri saya ini, padahal ya nggak pinter masak, tapi nggak mau pakai bumbu instan.
    Kecualiii memang kalau anak-anak minta pengen makan rawon atau soto daging sih, terpaksa pakai bumbu instan aja.

    dan biasanya, yang masak gitu ya paksu, tinggal ditambah bawang aja kalau ga salah, trus di makan anak-anak dikit doang,
    Esmosi nggak sih, udah capek masaknya padahal hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *