Review Buku : Matilda Roald Dahl

by -41 views
buku anak roald dahl

Judul Buku : Matilda

Penulis : Roald Dahl

Ilustrasi : Quentin Blake.

Penerjemah : Maria Lubis.

Penyunting : Yuli Pritania.

Penata Aksara : Nunu / CDDC

Cetakan ke-1, Agustus 2018.

Penerbit Noura Books (PT Mizan Publika)

ISBN 978-602-385-306-9

 

“Kami melihat Miss Trunchbull menyambar kucir seorang gadis dan melemparkanya melewati pagar taman bermain!”

__

Review Buku Matilda, Roald Dahl

Menjadi “beda” dalam keluarganya, nampaknya menjadi sebuah kesulitan besar bagi Matilda, rasa ingin tahu yang sangat besar, malah orangtuanya menganggapnya sebagai pengganggu kecil.

Tidak mengherankan jika anak-anak memiliki rasa ingin tahu, tapi sayangnya Mr dan Mrs Wormwood (orangtua Matilda) bukan contoh orangtua yang baik, hanya menganggap anak perempuannya itu biang onar, cerewet dan penganggu.

Tidak mudah putus asa, Matilda sering membaca buku bahkan buku untuk anak di atas usianya, ia baca sampai habis, dan kemudian baca lagi dengan topik yang berbeda.

Tak hanya di rumah, di sekolahpun Matilda mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan oleh kepala sekolah Miss Trunchbull. Bahkan siswa dan siswi yang lain juga mendapatkan perlakukan yang kasar, hanya menganggap anak-anak sebagai pengganggu kecil.

Lain halnya dengan Bu guru Honey yang baik hati dengan semua muridnya, meskipun di balik sikap ramahnya, tersimpan misteri tentang kehidupannya yang menyedihkan.

Sosok Matilda digambarkan sebagai seorang anak yang santun tutur kata dan perilaku, meskipun pada kesempatan tertentu, dia memiliki ide untuk balas dendam, dengan cara yang cerdik sekaligus jahil.

Memiliki rasa penasaran yang tinggi, suka berpetualang, dan “pahlawan cilik” yang membela keadilan.

 

“Jika kau berpikir positif, hal itu akan terpancar di wajahmu seperti sinar matahari dan kau akan selalu terlihat berseri” – Roal dahl.

 

Cerita ini mengangkat tema tentang perundungan, di rumah maupun di sekolah, anak-anak sangat rentan dengan perundungan, tak hanya dilakukan oleh teman seusianya, bahkan orang dewasa tak menyadari jika melakukan perbuatan yang tidak terpuji.

Penyelesaian konflik memang ajaib, karena cerita ini penuh dengan imajinasi yang tidak terduga. Ide-ide dari Matilda juga solutif meskipun terkesan sederhana.

Meskipun temanya buku anak, tapi cerita nggak anak-anak banget, karena ada adegan yang cukup kasar, seperti balas dendam, kata-kata kasar. Perlu pendampingan orangtua.

Orang jahat menerima “hukumannya”, di cerita ini pesan moral juga nampak terlihat secara jelas. Perbaikan baik buruk sangat mudah untuk dibedakan. Tapi tidak terkesan menggurui.

Buku Matilda Roald Dahl ini sama seperti buku dari Roald dahl lainnya yang memiliki ilustrasi dari Quentin Blake. Ilustrasi Miss Trunchbull sesuai dengan imajinasi saya, nampak kejam tapi unik juga.

 

“Kakak Matilda, Michael, adalah anak lelaki yang benar-benar normal, tetapi sang adik, seperti yang telah kukatakan, bisa membuat matamu membelalak.” halaman 5.

Buku Roald dahl yang tak lekang oleh waktu.

Mengenal buku Roald dahl karena ada rekomendasi dari salah satu teman di klub buku. Kemudian nonton filmnya yang berjudul “James and The Giant Peach”, dari situlah tertarik untuk mengumpulkan buku dari Roald dahl ini (meskipun belum lengkap juga).

Dunia anak-anak yang tidak biasa, selalu ada sentuhan fantasi, seperti hewan yang bisa bicara. Setiap judul memiliki dunia yang berbeda.

Selain James and The Giant Peach, nonton juga film Charlie and the chocolate factory. Judul buku yang pernah saya baca, rata-rata menunjukan petualangan dengan versi yang berbeda. Oiya, untuk judul Matilda, saya sengaja tidak menonton filmnya, takut imajinasi saya buyar, karena sudah terlalu cinta dengan cerita Matilda.

Buku Matilda Roal dahl ini merupakan buku yang paling favorite untuk sementara, nanti jika memiliki judul lainnya, bisa dipertimbangkan untuk jadi buku favorite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *